Tingkatkan Penjualan Menggunakan Media Sosial
Pelatihan ini disusun untuk pelaku usaha untuk dapat menjual produknya melalui saluran media sosial dengan tepat. Secara keseluruhan, media sosial adalah alat yang kuat dan efektif bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar, berinteraksi dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan produk mereka. Dengan belajar dan menggunakan media sosial secara efektif, UMKM dapat mengambil keuntungan dari peluang-peluang baru dan tumbuh dalam dunia bisnis yang semakin terhubung secara digital.
Tentang Program
Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, pelaku bisnis harus mengikuti tren untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi dalam meningkatkan penjualan menggunakan media sosial antara lain:
Konsumen cenderung mencari informasi produk dan layanan secara online. Media sosial telah menjadi salah satu tempat utama dimana konsumen berinteraksi dan mencari informasi. Dengan memiliki kehadiran yang kuat di media sosial, bisnis dapat lebih mudah diakses dan ditemukan oleh calon pembeli.
Media sosial memiliki potensi besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas daripada metode pemasaran tradisional. Konten yang menarik dan berbagi dapat menyebabkan pesan atau produk Anda menyebar dengan cepat di antara pengguna media sosial, meningkatkan kesadaran merek dan peluang penjualan.
Media sosial menyediakan data berharga tentang perilaku konsumen, preferensi, dan tren yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Melalui pelatihan yang tepat, bisnis dapat memanfaatkan analisis data ini untuk mengidentifikasi peluang baru dan mengoptimalkan upaya pemasaran.
Media sosial memungkinkan interaksi langsung antara bisnis dan pelanggan. Ini memberikan kesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih erat, memahami kebutuhan pelanggan secara lebih baik, dan merespons pertanyaan atau masalah dengan cepat. Interaksi positif ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mempengaruhi keputusan pembelian.
Media sosial memberikan ruang kreatif yang lebih besar untuk berinovasi dalam konten pemasaran. Pelatihan yang baik dapat membantu tim pemasaran mengembangkan konten yang menarik, beragam, dan relevan yang menarik minat pelanggan potensial.
Dalam dunia bisnis yang semakin global, media sosial memungkinkan bisnis untuk meraih audiens internasional tanpa harus memiliki kehadiran fisik di banyak lokasi. Pelatihan dalam penggunaan media sosial secara efektif dapat membantu bisnis memasuki pasar baru dengan lebih mudah.
Media sosial telah menciptakan kelompok pengaruh besar, seperti influencer, yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian pengikut mereka. Pelatihan tentang cara berkolaborasi dengan influencer dan mengelola ulasan produk dapat memiliki dampak positif pada penjualan.
Oleh karena itu, Kita Kompeten dan Pusdiklat UMKM menghadirkan pelatihan Tingkatkan Penjualan Menggunakan Media Sosial untuk memberikan pembekalan kepada para pelaku UMKM mengenai:
- Konsep Media Sosial
- Cara meningkatkan penjualan dengan Media Sosial
- Tips sukses menggunakan Media Sosial
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan UMKM.
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu mengidentifikasi media sosial yang akan digunakan untuk UMKM
Peserta mampu meningkatkan penjualan melalui media sosial
Peserta mampu menggunakan media sosial untuk UMKM
Rujukan Materi
SKKNI Nomor 124 Tahun 2022 Tentang Manajemen Bidang Pemasaran
Unit Kompetensi
M.70MKT00.012.1 Menggunakan Media Sosial dan Aplikasi Daring (Online Tools)
M.70MKT00.013.1 Melaksanakan Kegiatan Analisis di Media Sosial dan Media Bisnis Digital
M.70MKT00.014.1 Mempersiapkan Konten Digital
M.70MKT00.015.1 Mengoptimalkan Pengelolaan Media Sosial dan Rencana Aplikasi Digital
Aspek Kompetensi
Tenaga Pengajar
Evi Erwiyati, adalah trainer dan pembina UMKM sejak tahun 2016. Memiliki pengalaman di bidang perbankan dan pelayanan publik, aktif memberikan pelatihan kepada masyarakat. Saat ini tercatat sebagai Direktur PT. Kita Borneo Kompeten dan memiliki kelas di Program Kartu Prakerja dengan judul Melaksanakan Teknik Penjualan sebagai Telesales.
Sebagai founder dari Nusantara Lima Satu (N51), telah mendampingi lebih dari 1.000 orang pelaku usaha. Terlibat langsung dalam melakukan assessment terhadap UMKM di Indonesia dan memberikan pendampingan halal bagi pelaku usaha dengan cara self-declare.Tips sukses menggunakan media sosial
Metode Belajar
Metode Pembelajaran
Pembelajaran dilakukan secara daring dengan Webinar.
Durasi Pembelajaran
120 menit (2 jam)
Materi Pembelajaran
- Konsep Media Sosial
- Meningkatkan Penjualan dengan Media Sosial
- Tips Sukses Menggunakan Media Sosial
Materi
-
Selamat datang
Menit
-
Perkenalan Lembaga
Menit
-
Pre-Test
Menit
-
Webinar Online
Menit
-
Post-Test
Menit
-
Pengenalan Facebook Page bagian 1
Menit
-
Pengenalan Facebook Page Bagian 2
Menit
-
Pengenalan Facebook Page Bagian 3
Menit
-
Fitur-fitur Facebook Page Bagian 1
Menit
-
Fitur-fitur Facebook Page Bagian 2
Menit
-
Optimalisasi Facebook Page
Menit
-
Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 1
Menit
-
Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 2
Menit
-
Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 1
Menit
-
Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 2
Menit
-
Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 3
Menit
-
Fitur Fitur Instagram Bisnis Bagian 4
Menit
-
Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 1
Menit
-
Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 2
Menit
-
Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 3
Menit
-
Feedback
Menit
-
Terima Kasih
Menit
Fasilitator Kelas
Pilihan Jadwal
Jadwal Pertama
Waktu Pelatihan
09 Agustus 2023 - 09 Agustus 2023