Pemasaran di Media Sosial untuk Tenaga Pemasar Profesional
Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para profesional di bidang periklanan dan pemasaran dengan keterampilan yang diperlukan untuk memasarkan produk secara efektif melalui media sosial. Peserta akan mempelajari konsep-konsep pemasaran di media sosial, termasuk menyusun strategi, menggunakan platform media sosial secara optimal, merencanakan aktivitas penjualan, serta menciptakan konten digital yang tidak hanya mengenai produk tetapi juga mencakup aspek edukasi tentang kelestarian lingkungan.
Tentang Program
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda: Webinar
Okupasi Pelatihan: Profesional Periklanan dan Pemasaran
Rujukan Okupasi: IndoTaSK 2020
Gambaran Pelatihan
Program ini dirancang untuk profesional tenaga pemasaran agar dapat memasarkan produk di media sosial, dengan menyusun elemen strategi, rencana aktivitas penjualan, membuat konten tidak hanya seputar produk tetapi juga edukasi tentang kelestarian lingkungan, dan merumuskan kebutuhan personil tim pemasaran.
Kompetensi yang Dilatih
Melalui pelatihan ini, peserta belajar konsep pemasaran di media sosial, agar kompeten sebagai tenaga pemasaran di media sosial yaitu menyusun elemen strategi pemasaran, menggunakan media sosial, menyusun rencana penjualan, membuat konten digital terkait produk dan juga kelestarian lingkungan hidup, dan merumuskan kebutuhan personil tim penjualan dengan teliti, terampil, tepat, dan cermat dalam menjalankan pemasaran yang ramah lingkungan.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Elemen Strategi Pemasaran
Sesi 2: Media Sosial dan Persyaratan yang Dibutuhkan
Sesi 3: Rencana Aktivitas Penjualan
Sesi 4: Kebutuhan Konten Digital
Sesi 5: Kebutuhan Personil Tim Penjualan
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu mengimplementasikan keterampilan Strategi Promosi dan Berjualan Di media sosial untuk menjadi Spesialis Pemasaran Digital (B) dengan minimal 70 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan (C).
Tujuan Khusus Pelatihan
Pada pelatihan “Pemasaran di Media Sosial untuk Tenaga Pemasar Profesional”, diharapkan peserta mampu:
- Peserta dapat menyusun elemen strategi pemasaran organisasi dengan teliti
- Peserta dapat menggunakan media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan dengan terampil
- Peserta dapat menyusun rencana aktivitas penjualan dengan tepat
- Peserta dapat membuat kebutuhan konten digital dengan cermat
Metode Belajar
Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online)
Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.
Jadwal Pembelajaran
Sesi | Waktu Pelaksanaan | Materi |
Sesi 1 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Elemen strategi pemasaran organisasi |
Sesi 2 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan |
Sesi 3 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Rencana Aktivitas Penjualan |
Sesi 4 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Kebutuhan Konten Digital |
Sesi 5 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Kebutuhan Personil Tim Penjualan |
Kuota
50 orang peserta/kelas
Panduan Redeem Voucher
- Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
- Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
- Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
- Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
- Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
- Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
- Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
- Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
- Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
- Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)
Cara Mengakses Kelas:
- Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
- Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
- Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
- Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
- Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
- Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
- Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai
Metode Evaluasi:
- Pre-Test
- Post-Test
- Formative Test
- Tugas Praktik
- Uji Keterampilan
Tutor
Fauzul Azmi Zen
Seorang Direktur dari PT Indonesia Kreatif Nusantara dan telah menjadi seorang trainer selama 5 tahun.
Fasilitator
Atikah Idatul Maryam
Seorang yang sudah berpengalaman didunia marketing dan saat ini tengah menjadi pengajar di salah satu instansi pendidikan.
Materi
-
Selamat datang
Menit
-
Perkenalan Lembaga
Menit
-
Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan
Menit
-
Perkenalan Tutor
Menit
-
Pretest Kompetensi
Menit
-
Elemen strategi pemasaran organisasi
Menit
-
Quis 1: Elemen strategi pemasaran organisasi
Menit
-
Praktik Mandiri : Riset Formatif
Menit
-
Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan
Menit
-
Quis 2: Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan
Menit
-
Praktik Mandiri : Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan
Menit
-
Rencana Aktivitas Penjualan
Menit
-
Quis 3: Rencana Aktivitas Penjualan
Menit
-
Praktik Mandiri : Rencana Aktivitas Penjualan
Menit
-
Kebutuhan Konten Digital
Menit
-
Quis 4: Kebutuhan Konten Digital
Menit
-
Praktik Mandiri : Kebutuhan Konten Digital
Menit
-
Kebutuhan Personil Tim Penjualan
Menit
-
Quis 5: Kebutuhan Personil Tim Penjualan
Menit
-
Post test Kompetensi
Menit
-
Unjuk Keterampilan
Menit
-
Reflective journal
Menit
-
Evaluasi dan Feedback Program
Menit
-
Terima Kasih
Menit
Fasilitator Kelas
Pilihan Jadwal
Dummy dan Live
Waktu Pelatihan
30 April 2024 - 30 April 2027