Pemasaran di Media Sosial untuk Tenaga Pemasar Profesional

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para profesional di bidang periklanan dan pemasaran dengan keterampilan yang diperlukan untuk memasarkan produk secara efektif melalui media sosial. Peserta akan mempelajari konsep-konsep pemasaran di media sosial, termasuk menyusun strategi, menggunakan platform media sosial secara optimal, merencanakan aktivitas penjualan, serta menciptakan konten digital yang tidak hanya mengenai produk tetapi juga mencakup aspek edukasi tentang kelestarian lingkungan. 

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Pelatihan 

Pelatihan ini menggunakan moda: Webinar

Okupasi Pelatihan: Profesional Periklanan dan Pemasaran

Rujukan Okupasi: IndoTaSK 2020


Gambaran Pelatihan

Program ini dirancang untuk profesional tenaga pemasaran agar dapat memasarkan produk di media sosial, dengan menyusun elemen strategi, rencana aktivitas penjualan, membuat konten tidak hanya seputar produk tetapi juga edukasi tentang kelestarian lingkungan, dan merumuskan kebutuhan personil tim pemasaran.


Kompetensi yang Dilatih

Melalui pelatihan ini, peserta belajar konsep pemasaran di media sosial, agar kompeten sebagai tenaga pemasaran di media sosial yaitu menyusun elemen strategi pemasaran, menggunakan media sosial, menyusun rencana penjualan, membuat konten digital terkait produk dan juga kelestarian lingkungan hidup, dan merumuskan kebutuhan personil tim penjualan dengan teliti, terampil, tepat, dan cermat dalam menjalankan pemasaran yang ramah lingkungan.


Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Elemen Strategi Pemasaran

Sesi 2: Media Sosial dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Sesi 3: Rencana  Aktivitas Penjualan

Sesi 4: Kebutuhan Konten Digital

Sesi 5: Kebutuhan Personil Tim Penjualan


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan (A) mampu mengimplementasikan keterampilan Strategi Promosi dan Berjualan Di media sosial untuk menjadi Spesialis Pemasaran Digital (B) dengan minimal 70 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan (C).


Tujuan Khusus Pelatihan

Pada pelatihan “Pemasaran di Media Sosial untuk Tenaga Pemasar Profesional”, diharapkan peserta mampu:

  1. Peserta dapat menyusun elemen strategi pemasaran organisasi dengan teliti
  2. Peserta dapat menggunakan media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan dengan terampil
  3. Peserta dapat menyusun rencana  aktivitas penjualan dengan tepat
  4. Peserta dapat membuat kebutuhan konten digital dengan cermat


Rujukan Materi
Indonesia’s Occupational Tasks and Skills (IndoTaSK) 2020;2431 Profesional Periklanan dan Pemasaran

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNITIF)

SIKAP KERJA (AFEKTIF)

KETERAMPILAN(PSIKOMOTORIK)

Elemen strategi pemasaran

organisasi


Teliti dalam menyusun elemen strategi pemasaran organisasi

Peserta dapat menyusun elemen strategi pemasaran organisasi dengan teliti

Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan 

Terampil dalam menggunakan media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan 

Peserta dapat menggunakan media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan dengan terampil

Rencana  aktivitas penjualan 

Tepat dalam menyusun rencana  aktivitas penjualan 

Peserta dapat menyusun rencana  aktivitas penjualan dengan tepat

Kebutuhan konten digital

Cermat dalam membuat kebutuhan konten digital

Peserta dapat membuat kebutuhan konten digital dengan cermat

Kebutuhan personil tim penjualan 

Kolaboratif dalam merumuskan kebutuhan personil tim penjualan

Peserta dapat merumuskan kebutuhan personil tim penjualan dengan kolaboratif



Jenis Sertifikat:

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan


Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating 

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.

  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"


Syarat Peserta: 

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun

  2. Pendidikan minimal SMA

  3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop

  4. Terkoneksi dengan Internet 


Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten

  2. Akses kelas seumur hidup



Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Whatsapp : 081210007012 (chat only)

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243


Metode Belajar

Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online) 

Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.

Jadwal Pembelajaran

Sesi

Waktu Pelaksanaan

Materi

Sesi 1  

Pukul 19.00-22.00 WIB

Elemen strategi pemasaran organisasi

Sesi 2  

Pukul 19.00-22.00 WIB

Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan

Sesi 3

Pukul 19.00-22.00 WIB

Rencana Aktivitas Penjualan

Sesi 4

Pukul 19.00-22.00 WIB

Kebutuhan Konten Digital

Sesi 5

Pukul 19.00-22.00 WIB


Kebutuhan Personil Tim Penjualan

Kuota

50 orang peserta/kelas


Panduan Redeem Voucher

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
  4. Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
  5. Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
  6. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
  7. Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
  8. Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
  9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
  10. Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi  nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)


Cara Mengakses Kelas:

  1. Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
  2. Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
  3. Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
  4. Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
  5. Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
  6. Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
  7. Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai


Metode Evaluasi:

  1. Pre-Test
  2. Post-Test
  3. Formative Test
  4. Tugas Praktik
  5. Uji Keterampilan


Tutor


Fauzul Azmi Zen


Seorang Direktur dari PT Indonesia Kreatif Nusantara dan telah menjadi seorang trainer selama 5 tahun.



Fasilitator


Atikah Idatul Maryam



Seorang yang sudah berpengalaman didunia marketing dan saat ini tengah menjadi pengajar di salah satu instansi pendidikan.


Materi
  1. Selamat datang

    Menit

  2. Perkenalan Lembaga

    Menit

  3. Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan

    Menit

  4. Perkenalan Tutor

    Menit

  5. Pretest Kompetensi

    Menit

  6. Elemen strategi pemasaran organisasi

    Menit

  7. Quis 1: Elemen strategi pemasaran organisasi

    Menit

  8. Praktik Mandiri : Riset Formatif

    Menit

  1. Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan

    Menit

  2. Quis 2: Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan

    Menit

  3. Praktik Mandiri : Media sosial dan persyaratan yang dibutuhkan

    Menit

  1. Rencana Aktivitas Penjualan

    Menit

  2. Quis 3: Rencana Aktivitas Penjualan

    Menit

  3. Praktik Mandiri : Rencana Aktivitas Penjualan

    Menit

  1. Kebutuhan Konten Digital

    Menit

  2. Quis 4: Kebutuhan Konten Digital

    Menit

  3. Praktik Mandiri : Kebutuhan Konten Digital

    Menit

  1. Kebutuhan Personil Tim Penjualan

    Menit

  2. Quis 5: Kebutuhan Personil Tim Penjualan

    Menit

  3. Post test Kompetensi

    Menit

  4. Unjuk Keterampilan

    Menit

  5. Reflective journal

    Menit

  6. Evaluasi dan Feedback Program

    Menit

  7. Terima Kasih

    Menit

Fasilitator Kelas

Pilihan Jadwal
Dummy dan Live

Waktu Pelatihan

30 April 2024 - 30 April 2027