Menjalankan Program Loyalitas Pelanggan
Dibalik kemajuan teknologi yang begitu pesat, masih ada manajer yang kurang memiliki keterampilan teknologi dan tidak familiar dengan sistem CRM yang modern sehingga gagal mengelola data pelanggan dengan baik. Akibatnya, hal ini dapat menghambat analisis dan dapat menurunkan tingkat layanan kepada pelanggan. Ketidakmampuan dalam berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, serta kurangnya empati, membuat pelanggan merasa diabaikan dan tidak dihargai. Respon yang lambat terhadap keluhan atau permintaan pelanggan, sering kali akibat proses internal yang tidak efisien, memperburuk pengalaman pelanggan. Seperti dilansir dari SAB, kurangnya pelatihan dan dukungan merupakan salah satu alasan utama mengapa penerapan Customer Relationship Management (CRM) gagal di banyak perusahaan.
Selain itu, kurangnya pemahaman terhadap budaya lokal dan preferensi pelanggan menyebabkan layanan yang tidak sesuai dengan ekspektasi, terutama di negara yang beragam seperti Indonesia. Manajer yang tidak efektif dalam memimpin dan memotivasi timnya juga berujung pada rendahnya moral dan tingginya tingkat pergantian karyawan. Manajer yang tidak aktif mencari dan memanfaatkan umpan balik pelanggan mengakibatkan kegagalan pelayanan, penurunan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Lebih jauh, manajer yang tidak dapat membuat program loyalitas pelanggan menyebabkan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Di tengah isu lingkungan, sudah saatnya perusahaan mengambil peran melalui penerapan CRM dengan program loyalti pelanggan yang berhubungan dengan lingkungan.
Untuk memenuhi tantangan ini, dibutuhkan seorang manajer yang memiliki kompetensi dapat mengidentifikasi kebutuhan informasi pelanggan, menangani keluhan pelanggan, mengukur kepuasan pelanggan, mengukur kepuasan pelanggan, mengelola data pelanggan, dan merancang program loyalitas berbasis lingkungan.
Tentang Program
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda : Webinar
Okupasi Pelatihan : Relationship Manager
Rujukan Okupasi : Critical Occupation List (COL) 2018
Gambaran Pelatihan
Kepuasan pelanggan dapat dicapai jika terjadi interaksi yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan menjalankan program loyalitas pelanggan. Seorang Relation Manager dapat menjalankan program loyalitas pelanggan yang terukur. Lebih jauh, selaras dengan isu lingkungan, sudah saatnya perusahaan berperan melalui penerapan CRM dengan program loyalti pelanggan yang berhubungan dengan lingkungan.
Kompetensi yang dilatih
Relation Manager idealnya memiliki kompetensi dalam menjalankan tugas dan perannya seperti mengidentifikasi kebutuhan informasi pelanggan dengan cermat, menangani keluhan pelanggan dengan komunikatif, mengukur kepuasan pelanggan dengan tepat, mengelola data pelanggan dengan teliti, merancang program loyalitas pelanggan dengan bertanggung jawab.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu mengembangkan strategi meningkatkan efektivitas hubungan pelanggan dengan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Pada pelatihan “Menjalankan Program Loyalitas Pelanggan”, diharapkan peserta mampu:
- Peserta mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi pelanggan dengan cermat
- Peserta mampu menangani keluhan pelanggan dengan komunikatif
- Peserta mampu mengukur kepuasan pelanggan dengan tepat
- Peserta mampu mengelola data pelanggan dengan teliti
- Peserta mampu merancang program loyalitas pelanggan dengan bertanggung jawab
Aspek Kompetensi
Jenis Sertifikat:
Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating
Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"
Syarat Peserta:
Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
Pendidikan minimal SMA
Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop
Terkoneksi dengan Internet
Benefit untuk Peserta:
e-Certificate dari Kita Kompeten
Akses kelas seumur hidup
Kontak Lembaga
Website : www.kitakompeten.id
Whatsapp : 081210007012 (chat only)
Email : Info@kitakompeten.id
Instagram : @kita.kompeten
Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala
Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243
Metode Belajar
Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online)
Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.
Jadwal Pembelajaran
Sesi | Waktu Pelaksanaan | Materi |
Sesi 1 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Kebutuhan Informasi Pelanggan |
Sesi 2 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Keluhan Pelanggan |
Sesi 3 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Kepuasan Pelanggan |
Sesi 4 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Data Pelanggan |
Sesi 5 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Program Loyalitas Pelanggan |
Kuota
50 orang peserta/kelas
Panduan Redeem Voucher
- Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
- Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
- Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
- Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
- Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
- Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
- Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
- Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
- Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
- Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)
Cara Mengakses Kelas:
- Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
- Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
- Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
- Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
- Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
- Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
- Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai
Metode Evaluasi:
- Pre-Test
- Post-Test
- Formative Test
- Tugas Praktik
- Uji Keterampilan
Tutor
AFIFA UCI UTAMI
Afifa Uci Utami adalah Direktur Utama PT Mustika Kreasi Indonesia. Ia telah berkecimpung di dunia pendidikan sebagai Trainer di Perkumpulan Gerakan OK OCE. Tentunya dengan pengalaman ia memiliki kemampuan dalam menyusun program pelatihan, mengadakan pelatihan terkait dengan hubungan pelanggan.
WASIS ABADA
Wasis Abada adalah Direktur Operasional PT Mustika Kreasi Indonesia. Tentunya dengan pengalaman ia memiliki kemampuan dalam menyusun program pelatihan, mengadakan pelatihan terkait dengan hubungan pelanggan.
Materi
-
Selamat Datang
Menit
-
Perkenalan Lembaga
Menit
-
Perkenalan Tutor
Menit
-
Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan
Menit
-
Pre-Test Kompetensi
Menit
-
Kebutuhan Informasi bagi Pelanggan
Menit
-
Quiz 1 : Kebutuhan Informasi bagi Pelanggan
Menit
-
Praktik Mandiri : Kebutuhan Informasi Bagi Pelanggan
Menit
-
Menangani Keluhan Pelanggan
Menit
-
Quiz 2 - Menangani Keluhan Pelanggan
Menit
-
Praktik Mandiri : Menangani Keluhan Pelanggan
Menit
-
Mengukur Kepuasan Pelanggan
Menit
-
Quiz 3 : Mengukur Kepuasan Pelanggan
Menit
-
Praktik Mandiri : Mengukur Kepuasan Pelanggan
Menit
-
Mengelola Data Pelanggan
Menit
-
Quiz 4 : Mengelola Data Pelanggan
Menit
-
Praktik Mandiri : Mengelola Data Pelanggan
Menit
-
Merancang Program Loyalitas Pelanggan
Menit
-
Quiz 5 : Merancang Program Loyalitas Pelanggan
Menit
-
Post-Test Kompetensi
Menit
-
Unjuk Keterampilan
Menit
-
Reflective journal
Menit
-
Evaluasi dan Feedback Program
Menit
-
Terima Kasih
Menit
Fasilitator Kelas
Pilihan Jadwal
Dummy and Live
Waktu Pelatihan
13 Juni 2024 - 13 Juni 2025