Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ritel bagi Pekerja Penjualan
Pekerjaan sebagai pekerja penjualan di usaha ritel saat ini terbuka luas. Sebagai pekerja penjualan, tentunya hal yang paling utama adalah bagaimana membuat usaha ritel menjadi berkembang.
Dalam program ini, peserta akan diberikan pengetahuan dasar yang diperlukan oleh pekerja penjualan untuk meningkatkan kinerja penjualan melalui media promosi yang dirancang secara tepat guna mencapai target penjualan. Peserta akan dilatih untuk mengimplementasikan konsep dasar bisnis ritel, melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai pekerja penjualan, menguasai strategi pemasaran digital, mengelola kegiatan promosi ritel, dan meningkatkan jumlah transaksi dengan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Dengan demikian, peserta akan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk meraih kesuksesan dalam dunia penjualan.
Tentang Program
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda: Webinar
Okupasi Pelatihan: Pekerja penjualan yang tidak diklasifikasikan di tempat lain
Rujukan Okupasi: IndoTaSK 2020
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu melakukan mengimplementasikan strategi penjualan ritel online dengan minimal 70 persen penguasaan materi mengelola kegiatan promosi ritel pada saat unjuk keterampilan membuat materi promosi di media sosial.
Tujuan Khusus Pelatihan
Pada pelatihan “Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ritel bagi Pekerja Penjualan”, diharapkan peserta mampu:
- Mengimplementasikan konsep dasar bisnis ritel dengan cermat
- Melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai pekerja penjualan dengan penuh tanggung jawab
- Mengimplementasikan strategi pemasaran digital bisnis ritel dengan mahir
- Melakukan pengelolaan kegiatan promosi ritel dengan cekatan
- Meningkatkan jumlah transaksi dengan pelayanan prima dengan cermat
Rujukan Materi
SKKNI No. 20 Tahun 2019 Bidang Ritel Koperasi dan UMKM
Aspek Kompetensi
Jenis Sertifikat:
Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating
Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"
Syarat Peserta:
Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Pendidikan minimal SMP
Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop
Terkoneksi dengan Internet
Benefit untuk Peserta:
e-Certificate dari Kita Kompeten
Akses kelas seumur hidup
Kontak Lembaga
Website : www.kitakompeten.id
Whatsapp : 081210007012 (chat only)
Email : Info@kitakompeten.id
Instagram : @kita.kompeten
Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala
Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243
Metode Belajar
Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online)
Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.
Jadwal Pembelajaran
Sesi | Waktu Pelaksanaan | Materi |
Sesi 1 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Konsep Dasar Bisnis Ritel |
Sesi 2 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan |
Sesi 3 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel |
Sesi 4 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Mengelola Kegiatan Promosi Ritel |
Sesi 5 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Meningkatkan Jumlah Transaksi dengan Pelayanan Prima |
Kuota
50 orang peserta/kelas
Panduan Redeem Voucher
- Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
- Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
- Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
- Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
- Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
- Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
- Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
- Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
- Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
- Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)
Cara Mengakses Kelas:
- Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
- Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
- Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
- Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
- Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
- Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
- Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai
Metode Evaluasi:
- Pre-Test
- Post-Test
- Formative Test
- Tugas Praktik
- Uji Keterampilan
Tutor
Annas Ahmad Setiawan, ST
Pak annas memiliki pengalaman seorang coach/trainer perusahaan Herba Bagoes di bidang marketing beliau memulai karier ini di tahun 2017 hingga sekarang, Pak annas juga seorang mentor untuk ritel UMKM di Kementerian Koperasi dan UKM dari tahun 2022 hingga 2023
Fasilitator
Anne Ardianti adalah seorang sekretaris yang
mengatur jadwal dan acara-acara yang
diselenggarakan oleh OKE OCE salah satunya
adalah acara UMKM, beliau pernah membantu
pak Annas dalam acara mentor ritel UMKM di
Kementerian Koperasi dan UKM
Materi
-
Selamat Datang
Menit
-
Perkenalan Lembaga
Menit
-
Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan
Menit
-
Perkenalan Tutor
Menit
-
Pretest - Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ritel bagi Pekerja Penjualan
Menit
-
Konsep Dasar Bisnis Ritel
Menit
-
Quis 1: Konsep Dasar Bisnis Ritel
Menit
-
Praktik Mandiri : Konsep Dasar Bisnis Ritel
Menit
-
Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan
Menit
-
Quis 2: Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan
Menit
-
Praktik Mandiri : Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan
Menit
-
Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel
Menit
-
Quis 3: Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel
Menit
-
Praktik Mandiri : Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel
Menit
-
Mengelola Kegiatan Promosi Ritel
Menit
-
Quis 4: Mengelola Kegiatan Promosi Ritel
Menit
-
Praktik Mandiri : Mengelola Kegiatan Promosi Ritel
Menit
-
Mengelola Kegiatan Promosi Ritel
Menit
-
Quis 5: Meningkatkan Jumlah Transaksi dengan Pelayanan Prima
Menit
-
Postest - Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ritel bagi Pekerja Penjualan
Menit
-
Unjuk Keterampilan
Menit
-
Reflective journal
Menit
-
Evaluasi dan Feedback Program
Menit
-
Terima Kasih
Menit
Fasilitator Kelas
Pilihan Jadwal
Dummy dan Live
Waktu Pelatihan
11 Maret 2024 - 11 Maret 2025
Jadwal 1 Tanggal 12 - 16 Maret 2024
Waktu Pelatihan
12 Maret 2024 - 16 Maret 2024