Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ritel bagi Pekerja Penjualan

Pekerjaan sebagai pekerja penjualan di usaha ritel saat ini terbuka luas. Sebagai pekerja penjualan, tentunya hal yang paling utama adalah bagaimana membuat usaha ritel menjadi berkembang.

Dalam program ini, peserta akan diberikan pengetahuan dasar yang diperlukan oleh pekerja penjualan untuk meningkatkan kinerja penjualan melalui media promosi yang dirancang secara tepat guna mencapai target penjualan. Peserta akan dilatih untuk mengimplementasikan konsep dasar bisnis ritel, melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai pekerja penjualan, menguasai strategi pemasaran digital, mengelola kegiatan promosi ritel, dan meningkatkan jumlah transaksi dengan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Dengan demikian, peserta akan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk meraih kesuksesan dalam dunia penjualan.

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda: Webinar

Okupasi Pelatihan: Pekerja penjualan yang tidak diklasifikasikan di tempat lain

Rujukan Okupasi: IndoTaSK 2020

    Tujuan Umum Pelatihan 

    Peserta pelatihan mampu melakukan mengimplementasikan strategi penjualan ritel online dengan minimal 70 persen penguasaan materi mengelola kegiatan promosi ritel pada saat unjuk keterampilan membuat materi promosi di media sosial.


    Tujuan Khusus Pelatihan

    Pada pelatihan “Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ritel bagi Pekerja Penjualan”, diharapkan peserta mampu:

    1. Mengimplementasikan konsep dasar bisnis ritel dengan cermat
    2. Melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai pekerja penjualan dengan penuh tanggung jawab
    3. Mengimplementasikan strategi pemasaran digital bisnis ritel dengan mahir
    4. Melakukan pengelolaan kegiatan promosi ritel dengan cekatan
    5. Meningkatkan jumlah transaksi dengan pelayanan prima dengan cermat


    Rujukan Materi

    SKKNI No. 20 Tahun 2019 Bidang Ritel Koperasi dan UMKM


    Aspek Kompetensi

    PENGETAHUAN (KOGNITIF)

    SIKAP KERJA (AFEKTIF)

    KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

    Konsep Dasar Bisnis Ritel

    Cermat dalam mengimplementasikan konsep bisnis ritel

    Mengimplementasikan konsep dasar bisnis ritel (level 3 )

    Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan

    Tanggung Jawab dalam bekerja

    Melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai pekerja penjualan (level 6)

    Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel

    Mahir dalam mengimplementasikan strategi pemasaran digital 

    Mengimplementasikan strategi pemasaran digital bisnis ritel (level 3)

    Mengelola Kegiatan Promosi Ritel

    Cekatan dalam mengelola kegiatan promosi

    Melakukan pengelolaan kegiatan promosi ritel (level 6)

    Meningkatkan Jumlah Transaksi dengan Pelayanan Prima

    Antusias dalam menjalankan pelayanan prima

    Meningkatkan jumlah transaksi dengan pelayanan prima (level 3)


    Jenis Sertifikat:

    1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

    2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan

    Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating 

    1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.

    2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"


      Syarat Peserta: 

      1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun

      2. Pendidikan minimal SMP

      3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop

      4. Terkoneksi dengan Internet 

        Benefit untuk Peserta:

        1. e-Certificate dari Kita Kompeten

        2. Akses kelas seumur hidup



        Kontak Lembaga

        Website :  www.kitakompeten.id

        Whatsapp : 081210007012 (chat only)

        Email :  Info@kitakompeten.id

        Instagram  : @kita.kompeten

        Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala

        Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

        Metode Belajar


        Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online) 

        Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.

        Jadwal Pembelajaran

        Sesi

        Waktu Pelaksanaan

        Materi

        Sesi 1  

        Pukul 19.00-22.00 WIB

        Konsep Dasar Bisnis Ritel

        Sesi 2  

        Pukul 19.00-22.00 WIB

        Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan

        Sesi 3

        Pukul 19.00-22.00 WIB

        Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel

        Sesi 4

        Pukul 19.00-22.00 WIB

        Mengelola Kegiatan Promosi Ritel

        Sesi 5

        Pukul 19.00-22.00 WIB


        Meningkatkan Jumlah Transaksi dengan Pelayanan Prima

        Kuota

        50 orang peserta/kelas

        Panduan Redeem Voucher

        1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
        2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
        3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
        4. Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
        5. Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
        6. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
        7. Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
        8. Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
        9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
        10. Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi  nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)

        Cara Mengakses Kelas:

        1. Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
        2. Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
        3. Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
        4. Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
        5. Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
        6. Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
        7. Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai


        Metode Evaluasi:

        1. Pre-Test
        2. Post-Test
        3. Formative Test
        4. Tugas Praktik
        5. Uji Keterampilan


        Tutor


        Annas Ahmad Setiawan, ST

        Pak annas memiliki pengalaman seorang coach/trainer perusahaan Herba Bagoes di bidang marketing beliau memulai karier ini di tahun 2017 hingga sekarang, Pak annas juga seorang mentor untuk ritel UMKM di Kementerian Koperasi dan UKM dari tahun 2022 hingga 2023


        Fasilitator


        Anne Ardianti adalah seorang sekretaris yang mengatur jadwal dan acara-acara yang diselenggarakan oleh OKE OCE salah satunya adalah acara UMKM, beliau pernah membantu pak Annas dalam acara mentor ritel UMKM di Kementerian Koperasi dan UKM 



        Materi
        1. Selamat Datang

          Menit

        2. Perkenalan Lembaga

          Menit

        3. Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan

          Menit

        4. Perkenalan Tutor

          Menit

        5. Pretest - Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ritel bagi Pekerja Penjualan

          Menit

        6. Konsep Dasar Bisnis Ritel

          Menit

        7. Quis 1: Konsep Dasar Bisnis Ritel

          Menit

        8. Praktik Mandiri : Konsep Dasar Bisnis Ritel

          Menit

        1. Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan

          Menit

        2. Quis 2: Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan

          Menit

        3. Praktik Mandiri : Tugas dan Tanggung Jawab Pekerja Penjualan

          Menit

        1. Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel

          Menit

        2. Quis 3: Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel

          Menit

        3. Praktik Mandiri : Strategi Pemasaran Digital Bisnis Ritel

          Menit

        1. Mengelola Kegiatan Promosi Ritel

          Menit

        2. Quis 4: Mengelola Kegiatan Promosi Ritel

          Menit

        3. Praktik Mandiri : Mengelola Kegiatan Promosi Ritel

          Menit

        1. Mengelola Kegiatan Promosi Ritel

          Menit

        2. Quis 5: Meningkatkan Jumlah Transaksi dengan Pelayanan Prima

          Menit

        3. Postest - Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ritel bagi Pekerja Penjualan

          Menit

        4. Unjuk Keterampilan

          Menit

        5. Reflective journal

          Menit

        6. Evaluasi dan Feedback Program

          Menit

        7. Terima Kasih

          Menit

        Fasilitator Kelas

        Pilihan Jadwal
        Dummy dan Live

        Waktu Pelatihan

        11 Maret 2024 - 11 Maret 2025

        Jadwal 1 Tanggal 12 - 16 Maret 2024

        Waktu Pelatihan

        12 Maret 2024 - 16 Maret 2024