Mengelola Perjalanan Wisata Bagi Pemandu Wisata

Para pelaku usaha pariwisata dan profesional bisnis pariwisata saat ini dituntut dapat beradaptasi serta terus berupaya memberikan layanan wisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan. Dibutuhkan kesiapan yang lebih baik dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dari pelaku bisnis pariwisata dengan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk menghadapi tantangan tersebut. Peran penting dalam usaha ini ada pada keahlian dan kualitas dari Pemimpin Perjalanan Wisata (Tour Leader).


Keragaman budaya dan bahasa di Indonesia menuntut Tour Leader untuk memahami kebiasaan para wisatawan yang melaksanakan kegiatan wisata baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Interaksi dengan wisatawan dari berbagai latar belakang memerlukan keterampilan komunikasi yang baik termasuk kemampuan untuk menangani keluhan atau konflik dengan profesional. Selain itu, pengetahuan mendalam tentang sejarah, budaya, dan fakta menarik mengenai destinasi wisata sangat penting untuk memenuhi harapan wisatawan yang mencari pengalaman edukatif dan memuaskan. Lebih jauh seorang Tour Leader harus juga dapat mengedukasi wisatawan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sepanjang perjalanan wisata dengan memberikan informasi mengenai cara-cara mereka dapat turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan destinasi wisata.


Mengingat pentingnya peran sebagai Tour Leader ini di dunia pariwisata, maka diperlukan seorang pemimpin perjalanan wisata (Tour Leader) yang kompeten dalam mengelola perjalanan wisata sehingga menghasilkan kepuasan wisatawan. Seorang Tour Leader harus memiliki keterampilan dalam melakukan persiapan tur, memimpin tur, mengatur wisatawan, mengelola permasalahan yang tidak terduga, dan membuat laporan kegiatan tur.

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Pelatihan 

Pelatihan ini menggunakan moda : Webinar

Okupasi Pelatihan : Pemandu Wisata

Rujukan Okupasi : Green Jobs Area Fungsi Jasa (Pariwisata) GJ-JADM-V-001 Sustainable Tour Guide / Pemandu Wisata berkelanjutan


Gambaran Pelatihan

Program ini dirancang untuk pemandu wisata dalam merencanakan, mengorganisir, dan mengelola perjalanan wisata secara efektif. Pelatihan ini mencakup tentang mengelola perjalanan wisata dimulai dari pembuatan itinerary, cara memberikan informasi yang akurat dan menarik, edukasi tentang etika dan perilaku wisatawan yang ramah lingkungan, hingga teknik dalam menangani keluhan dan masalah yang mungkin timbul selama perjalanan.

Kompetensi yang dilatih

Melalui pelatihan ini, peserta belajar menjadi pemandu wisata yang berkompeten yaitu, mempersiapkan perjalanan wisata dengan cermat, melaksanakan fungsi sebagai pemimpin tur dengan bertanggung jawab, melaksanakan perjalanan wisata dengan cekatan, menangani kondisi tidak terduga dengan tepat dan menyusun laporan operasional dan keuangan perjalanan wisata dengan teliti.


Tujuan Umum Pelatihan 

Peserta pelatihan mampu menunjukkan penguasaan materi minimal 70 persen pada saat unjuk keterampilan mengelola perjalanan wisata untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tujuan Khusus Pelatihan

Pada pelatihan “Mengelola Perjalanan Wisata Bagi Pemandu Wisata ”, diharapkan peserta mampu:

  1. Mempersiapkan perjalanan wisata dengan cermat
  2. Melaksanakan fungsi sebagai pemimpin tur dengan bertanggung jawab
  3. Melaksanakan perjalanan wisata dengan cekatan
  4. Menangani kondisi tidak terduga dengan tepat
  5. Menyusun laporan operasional dan keuangan perjalanan wisata dengan teliti

Rujukan Materi
SKKNI No. 221 Tahun 2023 – Pemimpin Perjalanan Wisata

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNITIF)

SIKAP KERJA (AFEKTIF)

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

Persiapan Tur 

Cermat dalam mempersiapkan perjalanan wisata 

Peserta dapat mempersiapkan perjalanan wisata dengan cermat

Memimpin Tur

Tanggung Jawab dalam memimpin perjalanan wisata

Peserta dapat melaksanakan fungsi sebagai pemimpin tur dengan bertanggung jawab

Melaksanakan Perjalanan Wisata

Cekatan dalam melaksanakan perjalanan wisata

Peserta dapat melaksanakan perjalanan wisata dengan cekatan

Penanganan Kondisi tidak terduga

Tepat dalam penanganan kondisi tidak terduga

Peserta dapat menangani kondisi tidak terduga dengan tepat

Laporan Operasional dan Keuangan Perjalanan Wisata

Teliti dalam penyusunan laporan  operasional dan keuangan perjalanan wisata

Peserta dapat menyusun laporan operasional dan keuangan perjalanan wisata dengan teliti



Jenis Sertifikat:

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan


Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating 

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.

  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"


Syarat Peserta: 

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun

  2. Pendidikan minimal SMA

  3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop

  4. Terkoneksi dengan Internet 


Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten

  2. Akses kelas seumur hidup



Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Whatsapp : 081210007012 (chat only)

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Metode Belajar

Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online) 

Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.

Jadwal Pembelajaran

Sesi

Waktu Pelaksanaan

Materi

Sesi 1  

Pukul 09.00-22.00 WIB

Persiapan Tur 

Sesi 2  

Pukul 09.00-22.00 WIB

Memimpin Tur

Sesi 3

Pukul 09.00-22.00 WIB

Melaksanakan Perjalanan Wisata

Sesi 4

Pukul 09.00-22.00 WIB

Penanganan Kondisi Tidak Terduga

Sesi 5

Pukul 09.00-22.00 WIB


Laporan Operasional dan Keuangan Perjalanan Wisata

Kuota

50 orang peserta/kelas


Panduan Redeem Voucher

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
  4. Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
  5. Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
  6. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
  7. Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
  8. Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
  9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
  10. Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi  nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)


Cara Mengakses Kelas:

  1. Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
  2. Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
  3. Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
  4. Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
  5. Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
  6. Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
  7. Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai


Metode Evaluasi:

  1. Pre-Test
  2. Post-Test
  3. Formative Test
  4. Tugas Praktik
  5. Uji Keterampilan


Tutor




Cut Rosy Mutia

Beliau adalah tenaga pengajar yang berpengalaman mengisi pelatihan tentang Tour Leader. Saat ini menjabat sebagai Direktur Marketing – PT Muhandis Qur’ani Wisata sejak November  2023 sampai dengan sekarang. Pengalamannya akan dibagikan di dalam pelatihan ini.




Nur Aulina Sya’baniah

Beliau memiliki pengalaman sebagai Fasilitator Pemasaran Digital - Telkom University. Saat ini bekerja seabgai Staf Administrasi dan Keuangan – PT Muhandis Qur’ani Wisata. 

Materi
  1. Selamat Datang

    Menit

  2. Perkenalan Lembaga

    Menit

  3. Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan

    Menit

  4. Pre-Test Kompetensi

    Menit

  5. Persiapan Tur

    Menit

  6. Quiz 1 - Persiapan Tur

    Menit

  7. TPM 1 : Persiapan Tur

    Menit

  1. Memimpin Tur

    Menit

  2. Quiz 2 : Memimpin Tur

    Menit

  3. TPM 2 : Memimpin Tur

    Menit

  1. Melaksanakan Perjalanan Wisata

    Menit

  2. Quiz 3 : Melaksanakan Perjalanan Wisata

    Menit

  3. TPM 3 : Melaksanakan Perjalanan Wisata

    Menit

  1. Penanganan Kondisi Tidak Terduga

    Menit

  2. Quiz 4 : Penanganan Kondisi Tidak Terduga

    Menit

  3. TPM 4 : Penanganan Kondisi Tidak Terduga

    Menit

  1. Laporan Operasional dan Keuangan Perjalanan Wisata

    Menit

  2. Quiz 5 : Laporan Operasional dan Keuangan Perjalanan Wisata

    Menit

  3. Post-Test Kompetensi

    Menit

  4. Unjuk Keterampilan

    Menit

  5. Reflective journal

    Menit

  6. Evaluasi dan Feedback Program

    Menit

  7. Terima Kasih

    Menit

Fasilitator Kelas

Pilihan Jadwal
Dummy dan Live

Waktu Pelatihan

29 Juli 2024 - 01 Agustus 2025