Mengelola Opini Publik Bagi Public Relation

Pelatihan webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktisi hubungan masyarakat dalam mengelola opini publik. Dengan fokus pada analisis formatif, pengelolaan isu krisis, dan penyusunan taktik komunikasi yang efektif, peserta akan memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk mengelola opini publik dengan baik. Melalui lima sesi yang terstruktur, peserta akan dipandu untuk melakukan riset formatif, merancang strategi pesan, mengembangkan taktik komunikasi kehumasan, menciptakan publikasi yang efektif, dan menerapkan praktik pengelolaan opini publik yang berorientasi pada tujuan.

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Pelatihan 

Pelatihan ini menggunakan moda : Webinar

Okupasi Pelatihan : Public Relation

Rujukan Okupasi : Vacancy Outlook 2020/2432 - Public Relations Professionals

Gambaran Pelatihan

Dalam menjalankan tugasnya, seorang public relation harus memiliki kemampuan analisis ilmiah terutama analisis formatif, kemampuan pengelolaan isu krisis dan opini, menyusun taktik komunikasi dengan baik, serta kemampuan komunikasi yang baik. Melalui kelas ini, peserta dapat memiliki kompetensi dalam mengelola opini publik.

Kompetensi yang dilatih

Pelatihan ini melatih peserta dalam mengelola opini publik, mulai dari melakukan riset formatif, menyusun strategi pesan, merancang taktik komunikasi, membuat publikasi umum, hingga menerapkan pengelolaan opini publik dengan objektif.

Urutan Pembelajaran

Urutan Pembelajaran:

Sesi 1 : Riset Formatif

Sesi 2 : Strategi Pesan

Sesi 3 : Taktik Komunikasi Kehumasan

Sesi 4 : Publikasi Umum

Sesi 5 : Pengelolaan Opini Publik


Tujuan Umum Pelatihan 

Peserta pelatihan mampu (A) mengelola opini publik (B) dengan menampilkan penguasaan minimal 70% penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan merancang strategi pengelolaan opini publikyang efektif dalam memulihkan reputasi (C)

Tujuan Khusus Pelatihan

Pada pelatihan “Mengelola Opini Publik  Bagi Public Relation”, diharapkan peserta mampu:

  1. Melakukan riset formatif dengan penuh tanggung jawab
  2. Menyusun strategi pesan dengan cermat
  3. Merancang taktik komunikasi kehumasan dengan teliti
  4. Membuat publikasi umum dengan kreatif
  5. Menerapkan  pengelolaan opini publik dengan objektif

Rujukan Materi
Vacancy Outlook 2020/2432 - Public Relations Professionals

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNITIF)

SIKAP KERJA (AFEKTIF)

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

Riset formatif 

Bertanggung jawab dalam melakukan riset formatif 

Peserta mampu melakukan riset formatif dengan tepat

Strategi reaktif

Cermat dalam menyusun strategi reaktif

Peserta mampu menyusun strategi pesan

Taktik Komunikasi 

Teliti dalam merancang taktik komunikasi kehumasan

Peserta mampu merancang taktik komunikasi kehumasan

Publikasi Umum (General Publication)

Kreatif dalam membuat publikasi umum yang sesuai dengan kepentingan

Peserta mampu membuat publikasi umum yang sesuai dengan kepentingan

Pengelolaan opini Publik

Objektif dalam menerapkan pengelolaan opini publik

Peserta mampu menerapkan  pengelolaan opini 



Jenis Sertifikat:

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan


Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating 

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.

  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"


Syarat Peserta: 

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun

  2. Pendidikan minimal SMA

  3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop

  4. Terkoneksi dengan Internet 


Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten

  2. Akses kelas seumur hidup



Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Whatsapp : 081210007012 (chat only)

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243


Metode Belajar

Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online) 

Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.

Jadwal Pembelajaran

Sesi

Waktu Pelaksanaan

Materi

Sesi 1  

Pukul 19.00-22.00 WIB

Riset Formatif 

Sesi 2  

Pukul 19.00-22.00 WIB

Strategi Pesan

Sesi 3

Pukul 19.00-22.00 WIB

Taktik Komunikasi Kehumasan

Sesi 4

Pukul 19.00-22.00 WIB

Publikasi Umum

Sesi 5

Pukul 19.00-22.00 WIB


Pengelolaan Opini Publik

Kuota

50 orang peserta/kelas


Panduan Redeem Voucher

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
  4. Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
  5. Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
  6. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
  7. Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
  8. Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
  9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
  10. Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi  nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)


Cara Mengakses Kelas:

  1. Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
  2. Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
  3. Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
  4. Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
  5. Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
  6. Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
  7. Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai


Metode Evaluasi:

  1. Pre-Test
  2. Post-Test
  3. Formative Test
  4. Tugas Praktik
  5. Uji Keterampilan


Tutor




Vista Salonika

Vista Salonika adalah tenaga pengajar yang berpengalaman mengisi pelatihan tentang public realtion. Ia telah berkecimpung di dunia public relation selama 10 tahun. Tentunya dengan pengalaman ia memiliki Kemampuan dalam menyusun program pelatihan, mengadakan pelatihan mengenai publik relation, dan mengajarkan modul publik relation. Saat ini juga beliau merupakan salah satu dosen di Universitas Kristen Indonesia.




Muhammad Hidayat

Muhammad Hidayat atau biasa disapa arel merupakan seorang tenaga pengajar yang berpengalaman di dunia Training & Development, salah satunya yakni membawakan pelatihan tentang public speaking. saat ini pun ia menjadi Head Training & Development - PT. Sanjaya Internasional Fishery.




Materi
  1. Selamat datang

    Menit

  2. Perkenalan Lembaga

    Menit

  3. Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan

    Menit

  4. Perkenalan Tutor

    Menit

  5. Pre-Test Kompetensi

    Menit

  6. Riset Formatif

    Menit

  7. Quis 1: Riset Formatif

    Menit

  8. Praktik Mandiri : Riset Formatif

    Menit

  1. Strategi Pesan

    Menit

  2. Quis 2: Strategi Pesan

    Menit

  3. Praktik Mandiri : Taktik Komunikasi Kehumasan

    Menit

  1. Taktik Komunikasi Kehumasan

    Menit

  2. Quis 3: Taktik Komunikasi Kehumasan

    Menit

  3. Praktik Mandiri : Taktik Komunikasi Kehumasan

    Menit

  1. Publikasi Umum

    Menit

  2. Quis 4: Publikasi Umum

    Menit

  3. Praktik Mandiri : Publikasi Umum

    Menit

  1. Pengelolaan Opini Publik

    Menit

  2. Quis 5: Pengelolaan Opini Publik

    Menit

  3. Post-Test Kompetensi

    Menit

  4. Unjuk Keterampilan

    Menit

  5. Reflective journal

    Menit

  6. Evaluasi dan Feedback Program

    Menit

  7. Terima Kasih

    Menit

Fasilitator Kelas

Pilihan Jadwal
Dummy dan Live

Waktu Pelatihan

27 Maret 2024 - 27 Maret 2026