Mengelola Opini Publik Bagi Public Relation
Pelatihan webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktisi hubungan masyarakat dalam mengelola opini publik. Dengan fokus pada analisis formatif, pengelolaan isu krisis, dan penyusunan taktik komunikasi yang efektif, peserta akan memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk mengelola opini publik dengan baik. Melalui lima sesi yang terstruktur, peserta akan dipandu untuk melakukan riset formatif, merancang strategi pesan, mengembangkan taktik komunikasi kehumasan, menciptakan publikasi yang efektif, dan menerapkan praktik pengelolaan opini publik yang berorientasi pada tujuan.
Tentang Program
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda : Webinar
Okupasi Pelatihan : Public Relation
Rujukan Okupasi : Vacancy Outlook 2020/2432 - Public Relations Professionals
Gambaran Pelatihan
Dalam menjalankan tugasnya, seorang public relation harus memiliki kemampuan analisis ilmiah terutama analisis formatif, kemampuan pengelolaan isu krisis dan opini, menyusun taktik komunikasi dengan baik, serta kemampuan komunikasi yang baik. Melalui kelas ini, peserta dapat memiliki kompetensi dalam mengelola opini publik.
Kompetensi yang dilatih
Pelatihan ini melatih peserta dalam mengelola opini publik, mulai dari melakukan riset formatif, menyusun strategi pesan, merancang taktik komunikasi, membuat publikasi umum, hingga menerapkan pengelolaan opini publik dengan objektif.
Urutan Pembelajaran
Urutan Pembelajaran:
Sesi 1 : Riset Formatif
Sesi 2 : Strategi Pesan
Sesi 3 : Taktik Komunikasi Kehumasan
Sesi 4 : Publikasi Umum
Sesi 5 : Pengelolaan Opini Publik
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu (A) mengelola opini publik (B) dengan menampilkan penguasaan minimal 70% penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan merancang strategi pengelolaan opini publikyang efektif dalam memulihkan reputasi (C)
Tujuan Khusus Pelatihan
Pada pelatihan “Mengelola Opini Publik Bagi Public Relation”, diharapkan peserta mampu:
- Melakukan riset formatif dengan penuh tanggung jawab
- Menyusun strategi pesan dengan cermat
- Merancang taktik komunikasi kehumasan dengan teliti
- Membuat publikasi umum dengan kreatif
- Menerapkan pengelolaan opini publik dengan objektif
Aspek Kompetensi
Jenis Sertifikat:
Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating
Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"
Syarat Peserta:
Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Pendidikan minimal SMA
Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop
Terkoneksi dengan Internet
Benefit untuk Peserta:
e-Certificate dari Kita Kompeten
Akses kelas seumur hidup
Kontak Lembaga
Website : www.kitakompeten.id
Whatsapp : 081210007012 (chat only)
Email : Info@kitakompeten.id
Instagram : @kita.kompeten
Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala
Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243
Metode Belajar
Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online)
Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.
Jadwal Pembelajaran
Sesi | Waktu Pelaksanaan | Materi |
Sesi 1 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Riset Formatif |
Sesi 2 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Strategi Pesan |
Sesi 3 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Taktik Komunikasi Kehumasan |
Sesi 4 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Publikasi Umum |
Sesi 5 | Pukul 19.00-22.00 WIB | Pengelolaan Opini Publik |
Kuota
50 orang peserta/kelas
Panduan Redeem Voucher
- Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
- Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
- Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
- Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
- Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
- Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
- Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
- Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
- Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
- Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)
Cara Mengakses Kelas:
- Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
- Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
- Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
- Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
- Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
- Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
- Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai
Metode Evaluasi:
- Pre-Test
- Post-Test
- Formative Test
- Tugas Praktik
- Uji Keterampilan
Tutor
Vista Salonika
Vista Salonika adalah tenaga pengajar yang berpengalaman mengisi pelatihan tentang public realtion. Ia telah berkecimpung di dunia public relation selama 10 tahun. Tentunya dengan pengalaman ia memiliki Kemampuan dalam menyusun program pelatihan, mengadakan pelatihan mengenai publik relation, dan mengajarkan modul publik relation. Saat ini juga beliau merupakan salah satu dosen di Universitas Kristen Indonesia.
Muhammad Hidayat
Muhammad Hidayat atau biasa disapa arel merupakan seorang tenaga pengajar yang berpengalaman di dunia Training & Development, salah satunya yakni membawakan pelatihan tentang public speaking. saat ini pun ia menjadi Head Training & Development - PT. Sanjaya Internasional Fishery.
Materi
-
Selamat datang
Menit
-
Perkenalan Lembaga
Menit
-
Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan
Menit
-
Perkenalan Tutor
Menit
-
Pre-Test Kompetensi
Menit
-
Riset Formatif
Menit
-
Quis 1: Riset Formatif
Menit
-
Praktik Mandiri : Riset Formatif
Menit
-
Strategi Pesan
Menit
-
Quis 2: Strategi Pesan
Menit
-
Praktik Mandiri : Taktik Komunikasi Kehumasan
Menit
-
Taktik Komunikasi Kehumasan
Menit
-
Quis 3: Taktik Komunikasi Kehumasan
Menit
-
Praktik Mandiri : Taktik Komunikasi Kehumasan
Menit
-
Publikasi Umum
Menit
-
Quis 4: Publikasi Umum
Menit
-
Praktik Mandiri : Publikasi Umum
Menit
-
Pengelolaan Opini Publik
Menit
-
Quis 5: Pengelolaan Opini Publik
Menit
-
Post-Test Kompetensi
Menit
-
Unjuk Keterampilan
Menit
-
Reflective journal
Menit
-
Evaluasi dan Feedback Program
Menit
-
Terima Kasih
Menit
Fasilitator Kelas
Pilihan Jadwal
Dummy dan Live
Waktu Pelatihan
27 Maret 2024 - 27 Maret 2026