Menerapkan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang Perbankan

Di dunia perbankan, Manajer Cabang memiliki peran yang penting sebagai pejabat yang bertanggung jawab di cabang  untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan, baik tunai maupun non tunai.  Manager Cabang bank harus menguasai pengetahuan dasar tentang pelayanan prima agar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan nasabah. Melalui kelas ini, peserta dapat belajar agar dapat memiliki kompetensi standar pelayanan prima dan menerapkannya sebagai Manager Cabang di Industri Perbankan.

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Pelatihan 

Pelatihan ini menggunakan moda: Webinar

Okupasi Pelatihan: Manajer Cabang Layanan Keuangan dan Asuransi

Rujukan Okupasi: IndoTaSK 2020


Gambaran Pelatihan

Program ini memberikan pengetahuan terkait pekerjaan sebagai manajer cabang perbankan agar peserta dapat menerapkan pelayanan prima, yaitu melaksanakan pelayanan prima, mengaplikasikan konsep dasar pelayanan prima, menunjukkan penampilan seorang manajer cabang yang sesuai, hingga memberikan penanganan terhadap keluhan nasabah. Hal ini penting dipelajari agar dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. 


Kompetensi yang Dilatih

Melalui pelatihan ini, peserta dibekali pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan seorang manajer cabang perbankan, yaitu konsep dasar pelayanan prima, keterampilan pelayanan prima, tata cara berpenampilan yang ideal, hingga teknik menangani keluhan nasabah. Peserta juga akan dibekali dengan sikap kerja yang disiplin, cekatan, teliti dan cermat dalam menjalankan peran dan tugasnya.


Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Pelayanan Prima

Sesi 2: Dasar Pelayanan Prima 

Sesi 3: Keterampilan Pelayanan Prima 

Sesi 4: Cara Berpenampilan yang Ideal 

Sesi 5: Menangani Keluhan Nasabah


Tujuan Umum

Peserta pelatihan mampu menerapkan pelayanan prima sebagai Manajer Cabang di Perbankan dengan  menunjukkan minimal penilaian 70% pada saat unjuk keterampilan pelayanan prima dalam bentuk dialog (percakapan).

Tujuan Khusus

Setelah mengikuti pelatihan “Menerapkan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang Perbankan”, diharapkan peserta mampu:

  1. Melaksanakan pelayanan prima untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan
  2. Mengaplikasikan dasar  pelayanan prima sebagai Manajer Cabang  agar nasabah menjadi loyal dan puas
  3. Menerapkan keterampilan pelayanan prima sebagai Manajer Cabang agar dapat memenangkan hati pelanggan
  4. Menunjukkan sikap dan cara berpenampilan yang ideal sebagai Manajer Cabang sesuai dengan etika berpakaian di tempat kerja
  5. Menangani keluhan nasabah dengan sikap yang teliti agar keluhan nasabah dapat tertangani dengan lebih cepat, tepat dan akurat


Aspek Kompetensi


Pengetahuan (Kognitif)

·      Pelayanan Prima

·       Dasar pelayanan prima sebagai Manajer Cabang

·       Keterampilan pelayanan prima sebagai Manajer Cabang

·       Cara berpenampilan yang ideal sebagai Manajer Cabang

·       Keterampilan menangani keluhan nasabah

Sikap Kerja (Afektif)

·       Cekatan dalam mendemonstrasikan pelayanan prima

·       Disiplin dalam penerapan dasar pelayanan prima

·       Cekatan dalam keterampilan pelayanan prima 

·      Cermat dalam cara berpenampilan yang ideal sebagai Manajer Cabang

·       Menunjukkan sikap teliti dalam menangani keluhan nasabah

Keterampilan (Psikomotor)

·       Peserta dapat  menerapkan pelayanan prima

·       Peserta dapat menerapkan konsep dasar pelayanan prima untuk manajer cabang

·       Peserta dapat menerapkan keterampilan pelayanan prima untuk Manajer Cabang

·       Peserta dapat mengikuti cara berpenampilan yg ideal bagi seorang Manajer Cabang (psikomotor

·       Peserta dapat merancang strategi yang baik dalam  menangani keluhan nasabah


Jenis Sertifikat:

    • Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
    • Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min.80% nilai unjuk keterampilan

    Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating :

    1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silakan isi rating.
    2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat".

    Syarat Peserta

    1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
    2. Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta minimal lulusan SLTA/Sederajat
    3. Memiliki minat terhadap pelayanan
    4. Memiliki media pembelajaran berupa perangkat elektronik


    Benefit untuk Peserta:

    1. e-Certificate dari Kita Kompeten

    2. Akses kelas seumur hidup



    Kontak Lembaga

    Website :  www.kitakompeten.id

    Whatsapp : 081210007012 (chat only)

    Email :  Info@kitakompeten.id

    Instagram  : @kita.kompeten

    Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala

    Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

    Metode Belajar

    Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online) 


    Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut: 


    Jadwal Pembelajaran

    Sesi

    Waktu Pelaksanaan

    Materi

    Sesi 1  

    Pukul 17.00-20.00 WIB

    Pelayanan Prima

    Sesi 2  

     Pukul 17.00-20.00 WIB

    Dasar Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang

    Sesi 3

     Pukul 17.00-20.00 WIB

    Keterampilan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang

    Sesi 4

     Pukul 17.00-20.00 WIB

    Cara Berpenampilan yang Ideal sebagai Manajer Cabang

    Sesi 5

     Pukul 17.00-20.00 WIB

    Menangani Keluhan Nasabah



    Kuota

    100 orang peserta/kelas

     


    Panduan Redeem Voucher

    1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
    2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
    3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
    4. Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
    5. Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
    6. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
    7. Kamu harus masukan kode redeem setiap hari satu jam sebelum kelas dimulai dan maksimal satu jam setelah kelas dimulai pukul 16.00-18.00 WIB 
    8. Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
    9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
    10. Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi  nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)


    Cara Mengakses Kelas:

    1. Pastikan Anda sudah meredeem voucher  dan melakukan verifikasi wajah.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
    2. Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
    3. Untuk mengakses webinar, pastikan anda sudah mengerjakan aktivitas hingga pre-test
    4. Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom 
    5. Masuk/Sign in pada aplikasi zoom, Anda dapat menggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom anda
    6. Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS kita
    7. Terdapat informasi link zoom, silahkan anda klik link tersebut pada waktu kelas dimulai
    8. Selamat belajar, sobat KITA!


    Metode Evaluasi 

    • Pre-Test

    • Post-Test

    • Formative Test

    • Tugas Praktik

    • Uji Keterampilan


    TUTOR

    Mashida


    Mashida memiliki pengalaman sebagai Teller di Bank Sewu International dan Branch Service Supervisor di Bank NISP. Ia juga pernah menjabat sebagai Cash Management Operation Manager dan Head di Bank OCBC NISP, serta menjadi Tutor di Universitas Terbuka dan Instruktur Pelatihan di LPK Karsa Bakti Lestari. Dalam berbagai posisi tersebut, ia telah memastikan pelayanan nasabah dilakukan dengan sistem dan prosedur yang baik, mengelola lebih dari 600 ATM, serta memberikan pelatihan SKKNI untuk karyawan bank dalam bidang transaksi penukaran valuta asing dan pembayaran uang tunai.


    Miranty Purnama



    Miranty Purnama memiliki pengalaman di beberapa bank dan perusahaan, termasuk sebagai Teller di BANK OCBC NISP dan PT BANK HANA, di mana ia terampil dalam melayani transaksi nasabah dengan baik. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Operation Officer di PT BANK BTPN dan Operation Supervisor di beberapa perusahaan, di mana ia terbiasa dalam melakukan fungsi supervisi, otorisasi, verifikasi, controlling, dan monitoring terkait kegiatan operasional di kantor cabang. Dengan pengalaman yang luas, ia siap membantu dalam memberikan pelatihan terkait kegiatan operasional di bank dan perusahaan.





    FASILITATOR


    Datin Puspita Ambarsari



    Datin merupakan seorang General Assisten Manager di PT. Lintas Mitra Niaga. Berpengalaman dalam

    Industri Perbankan, diantaranya:

    - CS Officer - Bank BCA (2004 - 2007

    - Service Assisten - PT. Bank OCBP NISP, Tbk.

    (2007 - 2011)

    - Operation Service Supervisor - PT. Bank OCBP

    NISP, Tbk. (2011 - 2014)

    - Human Capital - PT. Bank OCBP NISP, Tbk.

    (2014 - 2015)

    - CS Supervisor - PT. Hijup.com (2015-2016)


    Farida Ariyanti


    Farida Ariyanti adalah seorang profesional dengan pengalaman di industri perbankan dan koperasi, serta latar belakang pendidikan S1 Biologi. Berpengalaman sebagai Account Officer Micro di PT Bank BRI Syariah, Customer Service dan Teller di Indosurya ISP, serta Kepala Operasional di Koperasi Namasta. Mampu melakukan analisis keuangan, membuat rencana pemasaran, memimpin dan mengkoordinasi aktivitas operasional, serta memberikan penjelasan produk dan prosedur perusahaan kepada nasabah.


    Materi
    1. Selamat Datang

      Menit

    2. Perkenalan Lembaga

      Menit

    3. Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan

      Menit

    4. Perkenalan Tutor

      Menit

    5. Pre-Test Kompetensi

      Menit

    6. Pelayanan Prima

      Menit

    7. Quiz Sesi 1 - Pelayanan Prima

      Menit

    8. Praktik Mandiri Sesi 1 - Pelayanan Prima

      Menit

    1. Dasar Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang

      Menit

    2. Quiz Sesi 2 - Dasar Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang

      Menit

    3. Praktik Mandiri Sesi 2 - Dasar Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang

      Menit

    1. Keterampilan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang

      Menit

    2. Quiz Sesi 3 - Keerampilan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang

      Menit

    3. Praktik Mandiri Sesi 3 - Keterampilan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang

      Menit

    1. Cara Berpenampilan yang Ideal sebagai Manajer Cabang

      Menit

    2. Quiz 4 - Cara Berpenampilan yang Ideal sebagai Manajer Cabang

      Menit

    3. Praktik Mandiri Sesi 4 - Cara Berpenampilan yang Ideal sebagai Manajer Cabang

      Menit

    1. Menangani Keluhan Nasabah

      Menit

    2. Quiz Sesi 5 - Menangani Keluhan Nasabah

      Menit

    3. Post Test Kompetensi

      Menit

    4. Unjuk Keterampilan

      Menit

    5. Reflective journal

      Menit

    6. Evaluasi dan Feedback Program

      Menit

    7. Terima kasih

      Menit

    Fasilitator Kelas

    Pilihan Jadwal
    Jadwal 20 Tanggal 19 - 23 Agustus 2024

    Waktu Pelatihan

    19 Agustus 2024 - 23 Agustus 2024

    Jadwal 23 Tanggal 09-13 September 2024

    Waktu Pelatihan

    09 September 2024 - 13 September 2024

    Jadwal 26 Tanggal 30 Sept - 4 Oktober 2024

    Waktu Pelatihan

    30 September 2024 - 04 Oktober 2024

    Jadwal 27 Tanggal 7 - 11 Oktober 2024

    Waktu Pelatihan

    07 Oktober 2024 - 11 Oktober 2024