Menerapkan Bahasa Inggris di Kantor sebagai Sekretaris
Menguasai Bahasa Inggris merupakan kompetensi yang wajib dimiliki sekretaris untuk berhadapan dengan Client. Sekretaris merupakan representasi dari perusahaan dan selalu berhubungan dengan banyak pihak. Pada pelatihan ini, peserta akan belajar tentang komunikasi baik lisan maupun tulisan, administrasi dan surat menyurat, mengatur jadwal rapat dalam Bahasa Inggris sehingga mampu sesuai dengan kebutuhan dunia usaha saat ini.
Tentang Program
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda: Webinar
Okupasi Pelatihan: Sekretaris
Rujukan Okupasi: IndoTaSK 2020
Gambaran Pelatihan
Program ini memberikan pengetahuan terkait kemampuan komunikasi dan administrasi agar peserta dapat menerapkan Bahasa Inggris sebagai sekretaris, seperti percakapan, menyusun jadwal rapat, menyusun dan mengelola surat, membuat presentasi, hingga melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris.
Kompetensi yang Dilatih
Melalui pelatihan ini, peserta dibekali pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan seorang sekretaris di kantor yaitu kemampuan percakapan dalam bahasa inggris di kantor, membuat struktur surat dan jadwal rapat, pengelolaan surat dan dokumen dalam bahasa inggris, persiapan presentasi dalam bahasa inggris dan melakukan presentasi dalam bahasa inggris. Selain itu peserta juga akan dibekali dengan sikap kerja yang komunikatif, bertanggung jawab, cermat, teliti dan cekatan.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Percakapan Bahasa Inggris di Kantor
Sesi 2: Struktur Surat dan Jadwal Rapat
Sesi 3: Pengelolaan surat dan dokumen dalam Bahasa Inggris
Sesi 4: Persiapan Presentasi dalam Bahasa Inggris
Sesi 5: Presentasi dalam Bahasa Inggris
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menerapkan Bahasa Inggris sebagai seorang sekretaris dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi komunikasi melalui e-mail pada saat unjuk keterampilan
Tujuan Khusus Pelatihan
Pada pelatihan "Menerapkan Bahasa Inggris di Kantor sebagai Sekretaris", diharapkan peserta mampu:
- Melakukan percakapan Bahasa Inggris di kantor
- Menyusun surat dan jadwal dalam Bahasa Inggris
- Merumuskan tata cara pengelolaan surat dan dokumen dengan cermat
- Membuat materi presentasi dengan Bahasa Inggris
- Mempraktikkan presentasi dalam Bahasa Inggris dengan cekatan
Aspek Kompetensi
Pengetahuan (Kognitif) |
· Percakapan Bahasa Inggris di
kantor · Struktur Surat dan Jadwal
Rapat · Pengelolaan surat dan dokumen
dalam Bahasa Inggris · Persiapan Presentasi dalam
Bahasa Inggris · Presentasi dalam Bahasa
Inggris |
Sikap Kerja (Afektif) |
· Menunjukkan sikap komunikatif
pada percakapan di kantor · Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mengorganisir surat dan jadwal rapat · Menunjukkan sikap cermat dalam
merumuskan tata cara pengelolaan surat dan dokumen · Menunjukkan sikap teliti dalam
membuat materi presentasi · Menunjukkan sikap cekatan dalam
melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris |
Keterampilan (Psikomotor) |
· Memberikan umpan balik kepada lawan bicara · Menyusun surat dan jadwal
rapat · Menyusun tata cara pengelolaan surat
dan dokumen · Membuat materi presentasi dalam Bahasa
Inggris · Mempraktikkan presentasi sesuai dengan
materi yang telah dibuat |
Jenis Sertifikat:
Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating
Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"
Syarat Peserta:
Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Pendidikan minimal SMP
Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop
Terkoneksi dengan Internet
Benefit untuk Peserta:
e-Certificate dari Kita Kompeten
Akses kelas seumur hidup
Kontak Lembaga
Website : www.kitakompeten.id
Whatsapp : 081210007012 (chat only)
Email : Info@kitakompeten.id
Instagram : @kita.kompeten
Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala
Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243
Metode Belajar
Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online)
Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.
Jadwal Pembelajaran
Sesi |
Waktu Pelaksanaan |
Materi |
Sesi 1 |
Pukul 09.00-12.00 WIB |
Percakapan Bahasa Inggris di Kantor |
Sesi 2 |
Pukul 09.00-12.00 WIB |
Struktur Surat dan Jadwal
Rapat |
Sesi 3 |
Pukul 09.00-12.00 WIB |
Pengelolaan surat dan dokumen
dalam Bahasa Inggris |
Sesi 4 |
Pukul 09.00-12.00 WIB |
Persiapan Presentasi dalam
Bahasa Inggris |
Sesi 5 |
Pukul 09.00-12.00 WIB |
Presentasi dalam Bahasa
Inggris |
Kuota
100
Panduan Redeem Voucher
- Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
- Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
- Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
- Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
- Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
- Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
- Kamu harus masukan kode redeem setiap hari satu jam sebelum kelas dimulai dan maksimal satu jam setelah kelas dimulai pukul 08.00-10.00 WIB dan 18.00-20.00 WIB
- Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
- Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
- Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)
Cara Mengakses Kelas:
- Pastikan Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
- Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
- Untuk mengakses webinar, pastikan anda sudah mengerjakan aktivitas hingga pre-test
- Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
- Masuk/Sign in pada aplikasi zoom, Anda dapat menggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom anda
- Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS kita
- Terdapat informasi link zoom, silahkan anda klik link tersebut pada waktu kelas dimulai
- Selamat belajar, sobat KITA!
Metode Evaluasi:
- Pre-Test
- Post-Test
- Formative Test
- Tugas Praktik
- Uji Keterampilan
TUTOR
Nancy Silvia Hani
Nancy Memiliki pengalaman yang luas di bidang pendidikan bahasa inggris sebagai pengajar di instansi pendidikan sebagai tutor atau course online maupun secara langsung. Ia memiliki kemampuan menyusun bahan ajar dan membuat kurikulum serta menyusun modul TOEFL Preparation
Andreina Caniggia
Sekretaris berpengalaman yang mendorong keunggulan organisasi dan keahlian komunikasi. Memiliki rekam jejak yang terbukti sebagai Asisten Eksekutif di Rumah Siap Kerja, Sekretaris Eksekutif di AIA, dan Sekretaris untuk pejabat tinggi di PT. Bank QNB Indonesia Tbk, termasuk Chief Credit Officer dan Chief Risk Officer. Selain itu, pernah menjabat sebagai Sekretaris untuk Senior Associate di Budidjaja & Associates dan untuk Direktur di Yoshitex Utama. Menunjukkan keterampilan organisasi yang luar biasa, perhatian terhadap detail, dan komunikasi yang efektif, selalu mendukung eksekutif dan berkontribusi pada operasional yang efisien.
FASILITATOR
Erda Octarianti
Erda telah sukses memberikan les privat di SD IT Amal Mulia pada tahun 2023-2024, membantu siswa-siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan meningkatkan prestasi akademik mereka. Selain itu, Erda juga aktif mengajar di lembaga masyarakat RT setempat pada tahun 2023, berkontribusi dalam pendidikan dan pemberdayaan komunitas lokal.
Nurmia Sakinah
- Head of Learning & Development di Kita Kompeten
- Sekretaris Perusahaan - PT Hero Cipta Mandir
Materi
-
Selamat datang
Menit
-
Perkenalan Lembaga
Menit
-
Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan
Menit
-
Perkenalan Tutor
Menit
-
Pre-Test Kompetensi
Menit
-
Percakapan Bahasa Inggris di Kantor
Menit
-
Quis 1 : Percakapan Bahasa Inggris di Kantor
Menit
-
Praktik Mandiri 1: Percakapan Bahasa Inggris di Kantor
Menit
-
Struktur Surat dan Jadwal Rapat
Menit
-
Quis 2 : Struktur Surat dan Jadwal Rapat
Menit
-
Praktik Mandiri 2: Struktur Surat dan Jadwal Rapat
Menit
-
Pengelolaan surat dan dokumen dalam Bahasa Inggris
Menit
-
Quis 3 : Pengelolaan surat dan dokumen dalam Bahasa Inggris
Menit
-
Praktik Mandiri 3: Pengelolaan surat dan dokumen dalam Bahasa Inggris
Menit
-
Persiapan Presentasi dalam Bahasa Inggris
Menit
-
Quis 4 : Persiapan Presentasi dalam Bahasa Inggris
Menit
-
Praktik Mandiri 4: Persiapan Presentasi dalam Bahasa Inggris
Menit
-
Presentasi dalam Bahasa Inggris
Menit
-
Quis 5 : Komunikasi pada Presentasi
Menit
-
Post-Test Kompetensi
Menit
-
Unjuk Keterampilan
Menit
-
Reflective journal
Menit
-
Evaluasi dan Feedback Program
Menit
-
Terima Kasih
Menit
Fasilitator Kelas
Pilihan Jadwal
Dummy dan Live
Waktu Pelatihan
28 Agustus 2023 - 28 Agustus 2025
Jadwal 26 Tanggal 30 Sept - 4 Oktober 2024
Waktu Pelatihan
30 September 2024 - 04 Oktober 2024
Jadwal 27 Tanggal 7 - 11 Oktober 2024
Waktu Pelatihan
07 Oktober 2024 - 11 Oktober 2024