Membuat Kampanye Iklan FB Ads dan IG Ads bagi UMKM
Program ini sangat penting karena memberikan pemahaman dan keterampilan yang vital dalam pemasaran digital, fokus pada penggunaan platform Facebook dan Instagram. Dengan memberikan panduan tentang efektivitas iklan Facebook dan Instagram, strategi penargetan pasar, dan peserta dapat membangun kampanye iklan yang lebih efisien dan terarah. Dengan penekanan pada pembuatan iklan yang kreatif, pembuatan landing page yang menghasilkan tingkat konversi tinggi, dan strategi kampanye yang sesuai dengan tujuan bisnis, program ini membekali peserta dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses dalam dunia pemasaran digital pada era media sosial seperti Facebook dan Instagram.
Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Menjual produk baik barang atau jasa di era teknologi saat ini membutuhkan sebuah keahlian khusus terutama dalam membuat kampanye iklan yang menarik sehingga konsumen dapat tertarik membeli produk tersebut. Saat ini, setiap perusahaan besar maupun UMKM membutuhkan spesialis periklanan yang mumpuni sehingga tujuan penjualan dapat tercapai dengan optimal. Kampanye iklan memegang peranan yang sangat penting untuk dapat merubah perilaku dan keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk. Strategi dalam membuat kampanye iklan melalui media periklanan memungkinkan penjual dapat membidik segmen pasar tertentu sehingga target penjualan dapat tercapai dengan maksimal. 


Sosial Media memiliki fitur algoritma yang tertuju ke segmen pasar yang tepat. Facebook dan Instagram Ads saat ini masih menjadi pilihan utama para wirausaha maupun spesialis periklanan untuk membuat iklan. Hal itu disebabkan Facebook dan Instagram masih menjadi dua platform social media terbesar dan teraktif di Indonesia (data statcounter.com). Biaya iklan FB dan IG Ads relatif lebih murah dibanding platform lain menjadikannya sebagai pilihan utama bagi spesialis periklanan. Selain itu, kemampuan mentarget pembeli dengan sangat detail sehingga potensi mendapatkan konsumen menjadi relatif lebih tinggi.


Pada pelatihan ini, peserta akan diajarkan cara beriklan di Facebook dan Instagram berdasarkan pengalaman instruktur yang mendalami digital marketing selama belasan tahun, melalui Ebook dan Video Learning sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Pelatihan ini sudah dilengkapi dengan peraturan terbaru Facebook terkait Update APPLE iOS 14.5+


Tujuan Pembelajaran:

  1. Peserta mampu menentukan produk yang berpotensi untuk dijual di Facebook dan Instagram

  2. Peserta dapat memahami efektivitas Facebook Ads, Instagram Ads, dan funnel untuk meningkatkan omset usaha.

  3. Peserta dapat membuat iklan Facebook, Iklan Instagram setelah update APPLE iOS 14.5+

  4. Peserta dapat menguasai fitur fitur terbaru di dalam Facebook Business Manager

  5. Peserta dapat membuat iklan Facebook local ads untuk bisnis seperti restoran, salon, counter HP, dll.

  6. Peserta dapat membuat iklan yang kreatif

  7. Peserta dapat membuat landing page (penjualan, pendaftaran, kontak WA, dll)

  8. Peserta dapat membuat Fanpage atau Instagram business

  9. Peserta dapat menentukan strategi kampanye dengan tepat

  10. Peserta dapat membuat kampanye iklan yang menarik target pasar


Rujukan Okupasi dan Materi

  1. Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2431.01 

  2. SKKNI No. 351 tahun 2014 Tentang Jasa Profesional, Ilmiah Dan Teknis Golongan Pokok Periklanan Dan Penelitian Pasar Bidang Keahlian Periklanan


Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

  1. Peserta memiliki pengetahuan tentang Iklan Facebook, Iklan Instagram setelah Update APPLE iOS 14.5+

  2. Peserta memiliki pengetahuan tentang fitur fitur terbaru di dalam facebook business manager

  3. Peserta memiliki pengetahuan iklan facebook local ads untuk bisnis seperti restoran, salon, counter HP, dll.

SIKAP (AFEKSI)

  1. Peserta mampu membuat creative iklan yang menarik orang untuk mengetahui lebih lanjut tentang penawaran.

  2. Peserta mampu membuat landing page yang memiliki tingkat konversi tinggi (penjualan, pendaftaran, kontak WA, dll)

  3. Peserta mampu membuat Fanpage atau Instagram business 

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

  1. Peserta mampu menentukan strategi yang tepat untuk objective kampanye

  2. Peserta kreatif membuat kampanye iklan yang menarik target pasar

  3. Peserta teliti dalam menghitung anggaran campaign dan tingkat profitabilitas campaign


Metode pembelajaran 

Pelatihan menggunakan moda pembelajaran mandiri (Asynchronous) menggunakan video pembelajaran.


Sesi - Materi

Sesi 1 - Istilah FB dan IG Ads

Sesi 2 - Pemilihan Produk / Jasa Dalam Beriklan Di Facebook Ads

Sesi 3 - Fan Page Facebook

Sesi 4 - Facebooks Business Manager

Sesi 5 - Facebook Ads Copywriting

Sesi 6 - Facebook Ads Manager

Sesi 7 - Instagram Ads

Sesi 8 - Berbisnis dengan FB Ads


Tata Cara/Prosedur

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id

  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan

  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu.

  4. Verifikasi Email kamu

  5. Setelah proses verifikasi selesai, Anda diarahkan untuk menuju link pelatihan sebagai berikut: https://www.kitakompeten.id/kelas/detail/Membuat-Kampanye-Iklan-di-Sosial-Media-bagi-Spesialis-Periklanan-UMKM

  6. Scroll ke bawah untuk menemukan jadwal kelas. Silahkan pilih jadwal kelas Anda.

  7. Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman pembayaran. Silahkan masukkan voucher lalu klik "submit voucher"

  8. Metode Belajar

    Materi
    1. Selamat datang

      Menit

    2. Perkenalan Lembaga

      Menit

    3. Pretest Kompetensi

      Menit

    1. Perkenalan

      Menit

    2. Pendahuluan

      Menit

    3. Istilah Fb Ads Dan Ig Ads Bagian 1

      Menit

    4. Istilah Fb Ads Dan Ig Ads Bagian 2

      Menit

    5. Istilah FB Ads dan IG Ads Bagian 3

      Menit

    6. Istilah Fb Ads Dan Ig Ads Bagian 4

      Menit

    7. Istilah FB Ads dan IG Ads Bagian 5

      Menit

    8. Kuis 1 : Pendahuluan dan Istilah FB Ads

      Menit

    1. Bertumbuh di dunia digital marketing Bagian 1

      Menit

    2. Bertumbuh di dunia digital marketing Bagian 2

      Menit

    3. Customer Journey Dalam Campaign Bagian 1

      Menit

    4. Customer Journey Dalam Campaign Bagian 2

      Menit

    5. Customer Journey Dalam Campaign Bagian 3

      Menit

    6. Hulu ke Hilir Dalam Campaign

      Menit

    7. The Perfect Offer Bagian 1

      Menit

    8. The Perfect Offer Bagian 2

      Menit

    9. The Perfect Offer Bagian 3

      Menit

    10. Kuis 2 : Pemilihan Produk/Jasa dalam Beriklan di Facebook Ads

      Menit

    1. Cara Membuat Halaman Bisnis Facebook Bagian 1

      Menit

    2. Cara Membuat Halaman Bisnis Facebook Bagian 2

      Menit

    3. Cara Membuat Halaman Bisnis Facebook Bagian 3

      Menit

    4. Aturan Konten Bagian 1

      Menit

    5. Aturan Konten Bagian 2

      Menit

    6. Aturan Konten Bagian 3

      Menit

    7. Aturan Konten Bagian 4

      Menit

    8. Aturan Konten Bagian 5

      Menit

    9. Aturan Konten Bagian 6

      Menit

    10. Aturan Konten Bagian 7

      Menit

    11. Membaca Data Insights Fan Page Bagian 1

      Menit

    12. Membaca Data Insights Fan Page Bagian 2

      Menit

    13. Membaca Data Insights Fan Page Bagian 3

      Menit

    14. Kuis 3 : Fan Page Facebook

      Menit

    1. Bedah Business Manager Bagian 1

      Menit

    2. Bedah Business Manager Bagian 2

      Menit

    3. Kuis 4 : Facebook Business Manager

      Menit

    1. Bedah Landing Page Bagian 1

      Menit

    2. Bedah Landing Page Bagian 2

      Menit

    3. Bedah Landing Page Bagian 3

      Menit

    4. Bedah Landing Page Bagian 4

      Menit

    5. Kuis 5 : Facebook Ads Copywriting

      Menit

    1. Membuat Campaign Fb Ads Bagian 1

      Menit

    2. Membuat Campaign Fb Ads Bagian 2

      Menit

    3. Membuat Campaign Fb Ads Bagian 3

      Menit

    4. Membuat Campaign Fb Ads Bagian 4

      Menit

    5. Membuat Campaign Fb Ads Bagian 5

      Menit

    6. Membuat Image Dan Video tuk Fb Ads Bagian 1

      Menit

    7. Membuat Image Dan Video tuk Fb Ads Bagian 2

      Menit

    8. Kuis 6 : Facebook Ads Manager

      Menit

    1. Membuat Instagram Bisnis Bagian 1

      Menit

    2. Membuat Instagram Bisnis Bagian 2

      Menit

    3. Membuat Instagram Bisnis Bagian 3

      Menit

    4. Membuat Instagram Bisnis Bagian 4

      Menit

    5. Kuis 7: Instagram Ads

      Menit

    1. Kebijakan Iklan Dan Security Facebook Bagian 1

      Menit

    2. Kebijakan Iklan Dan Security Facebook Bagian 2

      Menit

    3. Kebijakan Iklan Dan Security Facebook Bagian 3

      Menit

    4. Perhitungan Bisnis Fb Ads Bagian 1

      Menit

    5. Perhitungan Bisnis Fb Ads Bagian 2

      Menit

    6. Perhitungan Bisnis Fb Ads Bagian 3

      Menit

    7. Perhitungan Bisnis FB Ads Bagian 4

      Menit

    8. Cara Menemukan Winning Campaign Bagian 1

      Menit

    9. Cara Menemukan Winning Campaign Bagian 2

      Menit

    10. Kuis 8 : berbisnis dengan FB Ads

      Menit

    1. Post Test Kompetensi

      Menit

    2. Praktik Mandiri

      Menit

    1. Evaluasi dan Feedback Program

      Menit

    2. Terima Kasih

      Menit

    Fasilitator Kelas

    Pilihan Jadwal
    JADWAL

    Waktu Pelatihan

    05 Februari 2024 - 31 Desember 2025