Melaksanakan Teknik Penjualan bagi Telesales

Telesales adalah salah satu profesi yang sangat dibutuhkan di era digitalisasi saat ini. Perannya dalam meningkatkan penjualan sangat penting. Diperlukan kompetensi yang cukup untuk menjadi seorang Telesales. Melalui kelas ini, peserta dapat memiliki kompetensi sesuai dengan standar dan dapat melaksanakan teknik penjualan dengan tepat.

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda: Webinar

Okupasi Pelatihan: Penjual melalui contact center (Telesales)

Rujukan Okupasi: IndoTaSK 2020


Gambaran Pelatihan

Program ini memberikan pengetahuan dasar terkait pekerjaan Telesales agar peserta dapat melaksanakan teknik penjualan yang efektif, yaitu komunikasi yang efektif, teknik pendekatan calon pelanggan, melakukan keterampilan penjualan, menyusun strategi kepuasan, hingga menangani keluhan pelanggan sehingga diharapkan pelanggan membeli produk yang ditawarkan. 


Kompetensi yang Dilatih

Pada pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal terkait teknik dan cara menjual yang efektif. Hal ini penting agar peserta mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan sebagai Telesales yaitu membangun komunikasi yang efektif, melakukan pendekatan, menyusun rencana dan aktivitas penjualan, menjamin kepuasan dan menangani keluhan. Selain itu, peserta akan memiliki sikap kerja yang komunikatif, cekatan, dan tanggap.


Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Komunikasi Efektif

Sesi 2: Teknik Pendekatan kepada Calon Pelanggan

Sesi 3: Keterampilan dan Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan

Sesi 4: Kepuasan Pelanggan

Sesi 5:  Menangani Keluhan Pelanggan


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan (A) mampu melaksanakan teknik penjualan yang efektif untuk Telesales (B) dengan menunjukkan minimal penilaian 70 persen (D)  pada saat unjuk keterampilan dalam praktek penjualan produk (C)


Tujuan Khusus Pelatihan

Pada pelatihan "Melaksanakan Teknik Penjualan bagi Telesales” diharapkan peserta mampu : 

  1. Mengimplementasikan komunikasi Efektif bagi Telesales
  2. Merencanakan teknik Pendekatan kepada Calon Pelanggan dan Pelanggan Potensial
  3. Melakukan keterampilan penjualan seorang Telesales dan membuat rencana aktivitas penjualan
  4. Menyusun strategi untuk mewujudkan kepuasan pelanggan
  5. Menunjukkan cara penanganan terhadap keluhan pelanggan dengan cekatan


Aspek Kompetensi




Detail

PENGETAHUAN (KOGNISI)

Komunikasi Efektif bagi Telesales

Teknik Pendekatan kepada Calon Pelanggan dan Pelanggan Potensial

Keterampilan Penjualan Seorang Telesales dan Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan

Kepuasan Pelanggan

Menangani Keluhan Pelanggan



SIKAP KERJA (AFEKSI)

Menunjukkan sikap cekatan dalam mempraktekkan prinsip komunikasi telesales yang efektif dalam aktivitas penjualan dengan cekatan

Menunjukkan sikap cekatan dalam menerapkan prinsip pendekatan kepada calon pelanggan potensial

Menunjukkan sikap cekatan dalam menunjukkan keterampilan penjualan seorang Telesales dan sikap yang teliti dalam menyusun rencana aktivitas penjualan

Menunjukkan sikap cekatan dalam mempraktekkan strategi untuk mewujudkan kepuasan pelanggan

Menunjukkan sikap cekatan dalam cara penanganan terhadap keluhan pelanggan

 

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

Peserta dapat melakukan prinsip komunikasi telesales yang efektif dalam aktivitas penjualan

Peserta dapat membangun prinsip pendekatan kepada calon pelanggan  potensial

Peserta dapat melakukan keterampilan penjualan seorang Telesales dan membuat rencana aktivitas penjualan

Peserta dapat menyusun strategi untuk mewujudkan kepuasan pelanggan

Peserta dapat melakukan penanganan terhadap keluhan pelanggan

Jenis Sertifikat: 

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min.80% nilai unjuk keterampilan


Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating 

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silakan isi rating.

  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"


Syarat Peserta

  1. Usia minimal 16 tahun dan maksimal 30 tahun
  2. Pendidikan min. SMA / SMK
  3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop 
  4. Terkoneksi dengan internet


Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten

  2. Akses kelas seumur hidup


Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Whatsapp : 081210007012 (chat only)

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Metode Belajar

Moda Pembelajaran: Synchronous

Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.

Jadwal Pembelajaran

Sesi 

Durasi

Materi

Sesi 1

Pukul 09.00-12.00 WIB

Komunikasi Efektif Bagi Telesales

Sesi 2

Pukul 09.00-12.00 WIB

Teknik Pendekatan kepada Calon Pelanggan dan Pelanggan Potensial

Sesi 3

Pukul 09.00-12.00 WIB

Keterampilan Penjualan Seorang Telesales dan Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan

Sesi 4

Pukul 09.00-12.00 WIB

Kepuasan Pelanggan

Sesi 5

Pukul 09.00-12.00 WIB

Menangani Keluhan Pelanggan


Kuota

100


Panduan Redeem Voucher

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
  4. Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
  5. Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
  6. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
  7. Kamu harus masukan kode redeem setiap hari satu jam sebelum kelas dimulai dan maksimal satu jam setelah kelas dimulai pukul 08.00-10.00 WIB 
  8. Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
  9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
  10. Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi  nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)


Cara Mengakses Kelas:

  1. Pastikan Anda sudah meredeem voucher  dan melakukan verifikasi wajah.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
  2. Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
  3. Untuk mengakses webinar, pastikan anda sudah mengerjakan aktivitas hingga pre-test
  4. Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom 
  5. Masuk/Sign in pada aplikasi zoom, Anda dapat menggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom anda
  6. Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS kita
  7. Terdapat informasi link zoom, silahkan anda klik link tersebut pada waktu kelas dimulai
  8. Selamat belajar, sobat KITA!


Metode Evaluasi

  • Pre-Test

  • Post-Test

  • Formative Test

  • Tugas Praktik

  • Uji Keterampilan


TUTOR

Evi Erwiyati








Evi Erwiyati adalah pelatih yang memiliki pengalaman dan keterampilan di bidang pelayanan dan penjualan selama 16 tahun di Industri Perbankan. Selain itu, pelatih juga memiliki pengalaman di bidang pendidikan sebagai Instruktur berserfikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Vicky Hidayat

Vicky Hidayat Profesional di bidang keuangan dan pengembangan bisnis di PT. Asuransi Allianz Life Indonesia sebagai Financial Specialist


FASILITATOR

Agung putra .W


Agung putra .W memiliki pengalaman yang luas di bidang pemasaran dan penjualan baik secara langsung maupun secara online menggunakan media telepon dan email di beberapa perusahaan di antaranya adalah PT. Plaza Auto Prim

Aulia Rahman



Seorang profesional dengan pengalaman yang beragam dalam berbagai bidang, termasuk pemasaran, pengembangan komunitas, dan penjualan PT Financial Integrasi Teknologi  
Materi
  1. Selamat Datang

    Menit

  2. Perkenalan Lembaga

    Menit

  3. Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan

    Menit

  4. Perkenalan Tutor

    Menit

  5. Pre-Test Kompetensi

    Menit

  1. Komunikasi Efektif Bagi Telesales

    Menit

  2. Quiz 1

    Menit

  3. Praktik Mandiri - Komunikasi Efektif Bagi Telesales

    Menit

  1. Teknik Pendekatan kepada Calon Pelanggan dan Pelanggan Potensial

    Menit

  2. Quiz 2

    Menit

  3. Praktik Mandiri - Teknik Pendekatan kepada Calon Pelanggan dan Pelanggan Potensial

    Menit

  1. Keterampilan Penjualan Seorang Telesales dan Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan

    Menit

  2. Quiz 3

    Menit

  3. Praktik Mandiri - Keterampilan Penjualan Seorang Telesales dan Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan

    Menit

  1. Kepuasan Pelanggan

    Menit

  2. Quiz 4

    Menit

  3. Praktik Mandiri - Kepuasan Pelanggan

    Menit

  1. Menangani Keluhan Pelanggan

    Menit

  2. Quiz 5

    Menit

  1. Post-Test Kompetensi

    Menit

  2. Unjuk Keterampilan

    Menit

  1. Evaluasi dan Feedback Program

    Menit

  2. Terima kasih

    Menit

Fasilitator Kelas

Pilihan Jadwal
Jadwal 19 (23-27 Oktober)

Waktu Pelatihan

23 Oktober 2023 - 27 Oktober 2023

Jadwal 20 ( 30 Oktober - 3 November )

Waktu Pelatihan

30 Oktober 2023 - 03 November 2023

Jadwal 21 ( 06 - 10 November )

Waktu Pelatihan

06 Oktober 2023 - 10 Oktober 2023

Jadwal 23 Tanggal 09-13 September 2024

Waktu Pelatihan

09 September 2024 - 13 September 2024

Jadwal 24 Tanggal 17-21 September 2024

Waktu Pelatihan

17 September 2024 - 21 September 2024

Jadwal 25 Tanggal 23-27 September 2024

Waktu Pelatihan

23 September 2024 - 27 September 2024