Belajar Merancang Strategi Saluran Pemasaran untuk Spesialis Pemasaran
Program ini akan membantu kamu merencanakan dan mengembangkan strategi saluran pemasaran digital di berbagai platform teratas seperti Google, Whatsapp, Instagram, Facebook sesuai dengan kebutuhan target pemasaran.
Tentang Program
Deskripsi Kelas
Digitalisasi telah menjadi bagian dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Ini membentuk cara tradisional dimana konsumen dan bisnis berinteraksi satu sama lain dari tatap muka menjadi virtual. Perubahan digitalisasi tidak dapat dihindari, sehingga pemasaran digital merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui. Digitalisasi, telah diklaim dapat mengubah perilaku konsumen yang banyak menghabiskan waktu online dan menggunakan media sosial. Konsumen menggunakan layanan online untuk menjelajah pengetahuan, menyimpan file, memutar musik, mengirim email, mengakses Google, Whatsapp, Instagram, dan Facebook hingga transaksi jual beli dengan berbagai perangkat yang terhubung seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop.
Bahkan ada anggapan, "Jika sebuah bisnis tidak dapat ditemukan di Google, artinya ada kemungkinan bisnis tersebut tidak nyata". Anggapan tersebut juga menyatakan bahwa strategi pemasaran digital merupakan ilmu yang berpeluang untuk menjadi spesialis pemasaran suatu perusahaan atau membangun bisnis UMKM.
Tujuan Umum
Peserta mampu merencanakan dan mengembangkan strategi saluran pemasaran digital di berbagai platform teratas seperti Google, Whatsapp, Instagram, Facebook sesuai dengan kebutuhan target pemasaran
Tujuan Khusus
Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital
Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan
Mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran
Mampu mengambil rekomendasi dari hasil evaluasi
Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis,Instagram Bisnis dan Facebook Page
Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis
Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran dan editorial plan sesuai target pelanggan
Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar
Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat
Rujukan Okupasi
Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2431.03
Rujukan Materi
SKKNI no 389 tahun 2013
Aspek Kompetensi
Aspek
Kompetensi |
Detil |
PENGETAHUAN (KOGNISI) |
Peserta memiliki
pengetahuan dasar pemasaran digital |
Peserta mengenal ideal
produk bisnis dari hasil survey target pelanggan | |
Peserta mampu menentukan
parameter keberhasilan saluran pemasaran | |
SIKAP (AFEKSI) |
Peserta mampu beradaptasi
dengan perubahan tren pasar |
Peserta mampu bertanggung
jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat | |
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR) |
Peserta mampu membuat
akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis,
Instragram Bisnis dan Facebook Page |
Peserta mampu membuat USP
(Unique Selling Point) Produk Bisnis dengan cermat | |
Peserta mampu membuat
pendekatan saluran pemasaran editorial plan sesuai target pelanggan |
Jenis Sertifikat
- Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
- Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta memiliki prosentasi kehadiran dalam rangkaian pelatihan minimal 80%, mendapatkan nilai minimal 60% dari hasil Post-Test dan minimal 80& dari Unjuk Keterampilan.
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating
- Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
- Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"
Syarat Peserta:
- Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 6o tahun
- Pendidikan minimal SMU/K
- Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop
- Terkoneksi dengan Internet
Benefit untuk Peserta:
- e-Certificate dari Kita Kompeten
- Akses kelas seumur hidup
Harga
Rp.300.000 Rp.150.000
Kontak Lembaga
Website : www.kitakompeten.id
Email : Info@kitakompeten.id
Instagram : @kita.kompeten
Telegram : https://t.me/KitaKompetenCommunity
Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243
Metode Belajar
Metode pembelajaran yang digunakan adalah Unsynchronous menggunakan video pembelajaran.
Sesi - Materi
Sesi 1 |
Dasar Pemasaran Digital |
Sesi 2 |
Riset Pasar |
Sesi 3 |
Identifikasi USP |
Sesi 4 |
Produksi Konten Kreatif |
Sesi 5 |
Matriks Konten Pemasaran |
Sesi 6 |
Pemahaman Google Bisnis |
Sesi 7 |
Pemahaman WhatsApp Bisnis |
Sesi 8 |
Pemahaman IG Bisnis |
Sesi 9 |
Pemahaman Facebook Pages |
Sesi 10 |
Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten
Pemasaran |
Total Durasi
663 menit
Metode Evaluasi
- Pre-Test
- Post-Test
- Tugas Praktik
Instruktur
Andreina Canigia